Cara Kirim Furniture Ke Luar Negeri

Salah satu barang yang paling sering di ekspor adalah kerajinan tangan dari bahan-bahan kayu seperti meja, kursi, lemari, dan lain-lain yang bisa dikategorikan sebagai Furniture. Kemudian apa saja syaratnya dan dokumen apa saja yang diperlukan? Berikut akan kami ulas.

Cara Kirim Furniture Ke Luar Negeri
Cara Kirim Furniture Ke Luar Negeri

Sebelum membahas lebih jauh pertama harus diketahui dahulu bahwa pengiriman keluar negeri atau ekspor dapat dibedakan menjadi dua. Yang pertama dilakukan oleh perorangan dan yang kedua dilakukan oleh perusahaan. Ekspor yang dilakukan oleh perorangan akan lebih mudah dibandingkan perusahaan namun biaya kirimnya lebih mahal. Apabila anda hendak mengirimkan menggunakan nama perusahaan maka ada berkas-berkas yang wajib dilengkapi sebelum menghitung ongkos kirimnya.

Umumnya furniture dikirim menggunakan cargo laut. Hal ini dikarenakan furniture memiliki volumetrik yang sangat besar sehingga jika menggunakan pesawat ongkos kirimnya akan membengkak.

Berikut cara mengirim furnite keluar negeri secara umum

A) Untuk Perorangan

- Pertama kirimkan dahulu foto furniture yang akan dikirim

- Berikan secara detail deskripsi dari furniture tersebut mulai dari bahan / kayu yang digunakan untuk membuatnya, berat barang, dimensi secara keseluruhan (P x L x T), Negara tujuan, dll.

- Kami akan menghitung ongkos kirim, biaya packing, biaya handling, dan pajak. Biaya yang kami berikan hanya sebagai gambaran saja, untuk yang aslinya bisa lebih besar bisa juga lebih kecil.

- Apabila anda setuju, anda bisa membawa / mengirim furniture tersebut ke kantor kami untuk dilakukan penghitungan ulang

- Apabila semua data sudah terverifikasi dan anda sudah melunasi biaya yang diminta, maka anda akan memperoleh resi pengiriman sebagai bukti pelunasan sekaligus untuk melacak paket anda



Baca Juga: Cara Mengirim Handphone Keluar Negeri


B) Untuk Perusahaan

- Izin perusahaan harus lengkap, baik itu PT atau CV. Berkas yang diperlukan biasanya adalah izin mendirikan perusahaan, SIUP, NPWP, AMDAL, dll.

- Apabila perusahaan anda hanya sebagai eksportir saja maka berkas yang diperlukan antara lain: ETPIK (Eksportir Terdaftar Produk Industri Kayu ) dan ETR (Eksportir Terdaftar Produk Rotan) dari Kemendag, NIK kepabean dan bea cukai, dan SVLK (Sertifikasi Verifikasi Legalitas Kayu) dari Kemenhut

Sementara untuk syarat di Negara eksport tergantung tujuan Negaranya serta bagaimana proses eksportnya. Untuk lebih lengkap anda bisa menanyakan ke Kemendag.


 Dokumen Ekspor

Sementara untuk proses custom clearance  untuk produk ekspor secara umum memerlukan 3 buah dokumen yaitu

- Surat Izin Usaha Perusahaan (SIUP)
- Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
- Invoice atau list tagihan barang eksport


Prosedur Kirim Furniture Keluar Negeri Melalui Nur Express


1. Pastikan pembeli di Negara tujuan sudah deal / setuju mengenai produk yang akan dibeli. Sebaiknya sebelum dikirim berikan foto terbaru.

2. Kirimkan kelengkapan berkas-berkas untuk keperluan ekspor ke alamat outlet yang tertera di website ini

3. Setelah itu kami akan hitung dahulu ongkos kirim dan biaya lainnya termasuk packing bila diperlukan

4. Setelah setuju dengan biaya yang disebutkan, pengirim mentransfer sejumlah uang yang telah disepakati secara kontan

5. Anda bisa mengantarkannya secara langsung ke outlet atau mengirimkannya melalui jasa cargo truk jika anda berada diluar Kabupaten Bekasi

6. Petugas kami akan mengecek barang terlebih dahulu sebelum dikirim. Tujuan pengecekan ini yaitu memastikan bahwa kondisi barang sesuai deskripsi yang telah disebutkan sebelumnya

7. Pengirim akan memperoleh resi pengiriman sebagai bukti pelunasan dan digunakan untuk melacak paket kiriman anda.


Apabila ada yang kurang jelas bisa ditanyakan melalui customer service kami melalui whatsapp atau email yang tertera di website. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Kirim Handphone Keluar Negeri